Berita

Kunjungan Ibu Gubernur di Posyandu Keluarga Pemepek II
Image 3

Kunjungan Ibu Gubernur di Posyandu Keluarga Pemepek II

Pringgarata (Selasa, 15 Juni 2021)

Pada hari ini ibu ketua tiem penggerak PKK provinsi dan tiem pengegrak PKK Kabupaten Lombok Tengah mengunjungi Salah Satu Posyandu Keluarga di Dusun Pemepek II.

Pada kesempaan ini juga hadir tiem penggerak PKK dari Desa Montong Gamang kecamatan Kopang bergabung dengan tiem PKK Desa Pemepek untuk diberikan pembinaan dari tiem PKK Provinsi. Turut juga hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Bapak Kepala Seksi Promkes , bapak Siamin Pariadi, S.Kep yang banyak memberikan bantuan untuk terbentuknya Posyandu Keluarga di kabupaten Lombok Tengah, hadir juga bapak Ka UPT Puskesmas Pringgarata Bpk Ns.Moh.Ali, S.Kep dan Ibu KA TU Puskesmas Pringgarata ibu Bq Lilmunawati, S.Sos.

Posyandu Keluarga merupakan posyandu Inovasi dari Provinsi NTB, satu-satunya hanya ada di NTB. Posyandu keluarga merupakan revitalisasi Posyandu yang sebenarnya, melaksanakan Program KIA KB, Program Gizi, Program P2, Program Kesehatan Usia Produktif, Prog Lansia dan Program Promkes dan tidak menutup kemungkinan program-program yang lain dapat dilibatkan, dilaksanakan dalam satu wadah dan satu waktu sehingga bisa menghemat Waktu, Biaya dan Tenaga.

Pelayanan yang diberikan di Posyandu Keluarga berupa penapisan Status Gizi Balita, PMT Balita, Penyuluhan Kesehatan, Imunisasi, Pemeriksaan Ibu Hamil, Pelayanan KB, Penapisan PTM pada usia Produktif dan Lansia. Khusus pada Lansia dilakukan pengukuran tingkat kemandirian lansia, tingkat Kognitif lansia dan Status Mental Lansia. Sehingga diharapkan melalui Posyandu Keluarga dapat mendorong tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM) dibidang kesehatan dan kedepannya dapat berkontribusi untuk menurunkan AKI AKB dan mencegah terjadi Anemia pada Remaja, dapat segera mendeteksi adanya Kanker pada usia produktif khusus CA Cerviks, mencegah tambah beratnya penyakit PTM dan menjaga status kesehatan lansia agar tetap sehat dan produktif.

Ibu Gubernur sebagai ketua Penggerak PKK Provinsi saat berkunjung ke Lokasi (Posyandu Keluarga Melati 1 dusun Pemepek 2) langsung menghampiri dan berdialog dengan beberapa ibu, remaja dan lansia. Pada kesempatan tersebut ibu gubernur memberikan pesan agar semua rajin datang ke Posyandu, berikan ASI Eksklusif pada bayinya, dapatkan Vitamin A di posyandu, pada remaja beliau berpesan rajinlah minum Tablet Tambah Darah untuk mencegah Anemia. Pada Lansia beliau juga berpesan agar rajin-rajinlah memeriksakan kesehatan agar tetap sehat.

Semoga Posyandu Keluarga Khususnya di Desa Pemepek dapat terus berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat


wassalam

author AL

Related Posts: