Berita

Literasi Digital
Image 3

Literasi Digital

Rabo, 23 Juni 2021

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. [1]

Dalam bahasa Latin, istilah literasi disebut sebagai literatus, artinya adalah orang yang belajar. Selanjutnya, National Institute for Literacy menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga,dan masyarakat.

EducationDevelopment Center (EDC) juga turut menjabarkan pengertian dari literasi, yakni kemampuan individu menggunakan potensi yang dimilikinya, dan tidak sebatas kemampuan baca tulis saja. UNESCO juga menjelaskan bahwa literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya. Menurut UNESCO, pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman. Kemudian, di dalam kamus online Merriam—Webster, dijelaskan bahwa literasi adalah kemampuan atau kualitas melek aksara di mana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis, dan mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

Terkait Dengan ini mari ikuti webinar Nasional dengan Tema Literasi Digital dari Keminfo RI pada hari ini Kamis, 24 Juni 2021 bagi yang berminat silahkan daftarkan diri melalui Link berikut :

https://event.literasidigital.id/form/2687.

Menghadirkann Narasumber yang berkompeten :

Nara sumber 1 : Dr. Sastrawan, SKM, PGradDipHthAdm,MHA, PhD.
Tema : Tantangan dan strategi meningkatkan toleransi
Jabatan : Kepala prog. studi magister kesehatan UNIQHBA Lombok

Nara sumber 2 : Dr. H. Nuriadi, S.S, M. hum
Jabatan : Dosen FKIP Universitas Mataram
Tema : Bijak sebelum mengunggah di media sosial

Selain itu ada banyak Fasilitas yang akan di dapatkan, diantaranya
*SERTIFIKAT NASIONAL*
*E-Wallet untuk 10 peserta beruntung*
*Gratis Belajar Bahasa Inggris dengan Sertifikasi dari UI melalui aplikasi Bahaso*
*Gratis mahir membaca Al-Qur'an selama 3 bulan melalui aplikasi Aminin*

author

Related Posts: