Berita

Ulang Tahun IBI, Bidan UPTD Puskesmas Pringgarata Mengadakan Lomba dan Bakti Sosial
Image 3

Ulang Tahun IBI, Bidan UPTD Puskesmas Pringgarata Mengadakan Lomba dan Bakti Sosial

Pringgarata, 24 Juni 2021 | MA

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) lahir pada tanggal 24 Juni 1951 yang di prakarsai oleh para bidan-bidan senior yang saat itu berdomisili di Jakarta, tanggal 24 Juni dipilih karena pada tanggal itu diadakan konfrensi bidan untuk pertama kalinya. Dari saat itulah bidan berjuang untuk negeri hingga saat ini ulang tahunnya yang ke-70, tahun ini IBI mengusung tema "Optimalisasi Peran Bidan Pada Pelayanan KIA/KB dan Kesehatan Reproduksi dalam Mendukung Penguatan Pelayanan Primer". Setiap tahunnya hari kelahiran IBI tersebut selalu disambut dengan meriah. Di setiap wilayah kerja, bidan selalu mengadakan berbagai acara dan bakti social kepada mayarakat.

Bidan di wilayah UPTD Puskesmas Pringgarata juga tidak ingin melewatkan kemeriahan tersebut, berbagai macam lomba di adakan yang bertujuan menjaga kekompakan antara satu dengan yang lainnya dan acara bakti social menjadi kegiatan utama yang dikemas dalam bentuk pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis kepada masyarakat, selain untuk mensosialisasikan kegiatan KB juga menjadi  wujud pengabdian bidan kepada masyarakat.  

Perlu di ingat IBI Ranting Kecamatan Pringgarata menaungi 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Bagu dan Puskesmas Pringgarata, kedua Puskesmas tersebut saling bekerja sama dalam semua kegiatan. pada ulang tahun IBI kali ini ketua ranting IBI Kecamatan Pringgarata Hajjah Baiq Harminingsih mengatakan "acara kali ini lebih meriah dari acara tahun-tahun sebelumnya, hal itu tidak luput dari dukungan dari bidan-bidan senior yang kita miliki dan pastinya kerja sama yang baik antara kedua puskesmas dan seluruh bidan-bidan yang turut memeriahkannya".

Acara Ulang Tahun IBI berlangsung selama 9 hari yaitu dari tanggal 16 hingga pada puncaknya tanggal 24 Juni 2021, setiap harinya diisi dengan kegiatan lomba seperti lomba menyanyikan mars IBI, himne IBI, peragaan busana kerja IBI, peragaan busana kebaya IBI, puncaknya yaitu acara bakti sosial pemasangan KB gratis pada tanggal 24 Juni 2021 yang di pusatkan di masing-masing Puskesmas serta Polindes di masing-masing Desa.

Kegiatan tersebut terangkum dalam potret berikut ini.

1. Acara pemotongan tumpeng oleh ketua ranting IBI Kecamatan Pringgarata dan semua rekan-rekan bidan


2. Penggalangan komitmen bersama sesuai tema ulang tahun IBI yang ke-70


3. Lomba menyanyikan himne IBI dan mars IBI


4. Lomba peragaan busana kerja IBI dan busana kebaya IBI

5. Pemberian kontrasepsi KB gratis (suntikan, implan, IUD)

  • Pendaftaran peserta KB gratis


  • Pemberian suntikan dan pemasangan implan kepada peserta KB gratis

  • Pemberian kartu kontrol KB gratis untuk suntikan bulan selanjutnya

  

Meskipun kegiatan ini biasanya di adakan sekali dalam satu tahun yakni bertepatan dengan hari ulang tahun IBI, akan tetapi kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat, untuk tahun yang akan datang ranting IBI Kecamatan Pringgarata harus memiliki target lebih baik lagi dari tahun ini dalam melayani masyarakat. Inovasi baru yang dapat memberikan dampak lebih baik dan menyeluruh kepada masyarakat menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. 

Selamat ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia, tetaplah tersenyum dalam lelahmu, tak mengenal waktu menjadi suatu tanda akan keikhlasanmu, jaya terus bidan Indonesia



Related Posts: